Rabu, 09 Januari 2013

gambar delivery room service oder

PRESENT FOOD AND BEVERAGE TO GUEST ROOM

I.                   PREPARE ROOM SERVICE AREA FOR SERVICE

1.     Memeriksa kembali segala peralatan yang dibutuhkan untuk pelayanan room service, seperti : trays and trolleys, cutlery, crockery, linen, and glassware, and printer material (telephone, time stamp, room rack, computer, room service bill)
2.     Memeriksa makanan dan minuman yang tersedia untuk dijual.


II.                 TO TAKE AND PROCESS ROOM SERVICE ORDER

A.    Methode to take and process room service order by door knob menu
Disetiap kamar tamu selalu terdapat lembaran door knob menu, yaitu lembaran menu breakfast dengan beberapa pilihan.
1.     Tamu akan memilih menu dengan memberi tanda silang atau ceklist pada tulisan menu yang dikehendaki dan jumlah porsi.
2.     Tamu mencantumkan nomor kamar, nama tamu, jam berapa pesanan harus dikirim ke kamar.
3.     Tamu menggantungkan lembaran door knob menu di pintu kamar bagian luar.
4.     Kemudian lembaran door knob menu akan diambil oleh petugas room service untuk diproses lanjut.

B.    Methode to take and process room service order by telephone


1.     Order taker mengangkat dan menjawab telephone dengan segera, dengan dering tidak lebih dari 3 kali. Di telephone akan tertera nomor kamar pemesan.
2.     Mengucapkan salam (greeting).
3.     Memperkenalkan diri dan divisi/departemen.
4.     Gunakan nama tamu untu berbicara.
“Good morning mr. john, This is room service, Rini speaking, may I help you?”
5.     Order taker menerima pesanan tamu dengan memberikan saran dan membantu tamu dalam memilih menu maupun minuman, serta menawar menu special hari ini.
6.     Mencatat pesanan tamu pada ilk er/buku besar dan kemudian memindahkannya pada room service bill, tentang :
-         Nomor kamar tamu yang memesan
-         Nama tamu yang memesan
-         Jenis dan jumlah makanan dan minuman yang dipesan atau pemesanan khusus lainnya.
7.     Mengulangi pesanan tamu secara detil agar tidak terjadi kesalahan.
8.     Katakan pada tamu berapa lama makanan akan diantar ke kamar. Tidak boleh lebih dari 30 menit.
9.     Ucapkan terima kasih pada tamu.
10.            Room service bill diposting (dimasukkan ke timer stamp).
11.            Order taker menyerahkan room service order kepada room service captain atau head waiter.
12.            Room service captain membagikan lembaran room service bill :
-         Lembar pertama untuk tamu (guest copy), diserahkan oleh pramusaji pada saat makanan diantar ke kamar.
-         Lembar kedua untuk administrasi/kasir.
-         Lembar ketiga untuk bagian kitchen.
-         Lembar keempat untuk bar (kalau ada pesanan ke bar)
-         Lembar kelima untuk pastry (kalau ada pesanan ke pastry)
13.            Setelah menerima guest copy, pramusaji room service  segera menyiapkan peralatan/perlengkapan room service dan segera pick up (mengambil) pesanan sesuai dengan yang tertera pada ilk e bagian kitchen.


III.              PROCEDURES TO SET UP TRAY OR TROLLEY

a.     Pilihlah tray/salver
b.     Tutuplah tray tersebut dengan cloth
c.      Isilah tray/salver dengan meletakkanlah alat-alat seperti: tea cup dengan saucer dan tea spoon; sugar bowl dengan underliner dan tea spoon; tea strainer, slop basin, hot water jug; milk jug/creamer, dish untuk lemon dalam posisi yang seimbang, dll.



              
IV.              PROCEDURES FOR PREPARE EQUIPMENTS,
MEALS AND BEVERAGE ITEMS

1.     Pramusaji room service menyiapkan set up tray and trolleys dan segala peralatan yang disesuaikan dengan menu yang dipesan oleh tamu.
2.     Memanaskan heater (kompor pemanas listrik)
3.     Mengambil makanan dan minuman dengan segera (pick up) ke kitchen sesuai pesanan yang tertulis di room service bill.
4.      Menyiapkan salt & pepper, sauce, ice water, flower vace, tend card, cream, dan irisan jeruk nipis.
5.     Memeriksa kembali semua peralatan, perlengkapan maupun makanan dan minuman di trolley, apakah sudah sesuai dengan pesanan yang tertera di bill, sehingga tidak ada lagi kekurangan sesampai di kamar tamu.


V.    WAYS  FOR APPROACH GUEST ROOM
1.     Pada saat pramusaji sampai di depan pintu kamar, pencet bel terlebih dahulu, dan kemudian ucapkan “Room service”.
2.     Dengarkan respon tamu dan tunggu pintu dibukakan, jika tidak ada respon, ulangi memencet bel dan ucapkan “Room service” again.
3.     Jika Pintu sudah dibukakan ucapkan salam, “ Good morning mr. John, here is your breakfast”.
4.     Masuk dengan membawa tray atau mendorong trolley ke kamar.







VI.  PROCEDURE PRESENT ROOM SERVICE MEALS AND BEVERAGE

1.     Masuk dan bawa tray atau dorong trolley ke kamar.
2.     Konfirmasikan dimana tray atau trolley ditempatkan.
3.     Buka trolley sehingga trolley berfungsi sebagai meja makan
4.     Jelaskan isi dari tray atau trolley.
5.     Sajikan makanan dan minuman di atas tray atau trolley.
6.     Tanyakan pada tamu apakah ada segala sesuatu yang lain yang masih diperlukan.
7.     Berikan account (tagihan) untuk ditanda tangani oleh tamu.
8.     Jelaskan clearing procedure, bahwa tamu dapat meletakkan tray atau trolley di dalam atau luar kamar, dengan menelpon kembali apabila telah selesai makan (seperti yang tercantum pada tend car).
9.     Tinggalkan ruangan dengan segera dengan mengucapakan “enjoy your breakfast” dengan ramah.

VII.           PRESENT ROOM SERVICE ACCOUNT

1.     Berikan account (tagihan) kepada tamu dengan ramah.
2.     Meminta tamu untuk menanda tangani account dengan menunjukkan pada bagian mana tamu harus menanda tangani.
3.     Pramusaji memberikan account room service ke order taker room service.
4.     Order taker room service memasukkan account ke timer kemudian diserahkan ke room service cashier.


VIII.         CLEAR UP ROOM SERVICE AREA

1.     Setelah order taker menerima informasi lewat telepon bahwa tamu sudah selesai makan, atau sesuai perjanjian pramusaji dengan tamu, maka pramusaji kembali ke kamar  untuk clear up peralatan makan.
2.     Gunakan format pencatatan peralatan yang digunakan baik untuk pengiriman ataupun pengembalian.
3.      Masuk ke kamar bila tamu sudah mempersilahkan.
4.     Minta bantuan room-boy/maidvuntuk membukakan pintu.
5.     Angkat semua piring kotor dan susun di atas tray atau trolley sebagai berikut :
-         Sisa makann tersendiri
-         Alat makan tersendiri
-         Gelas dan piring tersendiri
-         Serbet makan tersendiri

6.     Periksa Jumlah peralatan, harus sesuai dengan jumlah pada waktu pengiriman. Laporakan bila ada kekurangan peralatan pada captain/ head waiter.
7.     Peralatan dibawa ke dish washing area untuk dicuci dan dibawa kembali ke room service area.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda